Rabu, 16 Juni 2010

Fenomena “Mafia Koperasi” dan Gurita Lintah Darat di Masyarakat

BAHWA bangsa kita ini termasuk jenis kanibal, bisa jadi benar adanya. Praktek saling memakan satu sama lain, terutama yang kaya terhadap yang miskin, yang berkecukupan terhadap yang tak berdaya, yang punya kuasa terhadap yang jelata, adalah pemandangan biasa sehari-hari. Bohong dan munafik sekali rasanya bila di setiap kesempatan kita mengaku-aku sebagai bangsa yang penuh toleran, yang selalu bersedia menolong sesama tanpa memandang status, tanpa pamrih, yang mengerti dan simpati terhadap mereka yang sedang terhimpit.

Kalau pun masih ada sedikit ketulusan, itu semata-mata hanya tersisa di sesama kalangan miskin, kalangan yang kehidupannya sama-sama masih terhimpit. Hanya pada kalangan warga kecil dan miskinlah kita masih bisa melihat sedikit nilai-nilai ketulusan untuk saling menolong tanpa hitung-hitungan untung-rugi. Sementara di luar itu, status sosial, status ekonomi, justru semakin nyata-nyata membuat jurang pemisah agar satu sama lainnya tak bisa saling menyentuh.

Lihatlah diri kita saat ini. Tidak lebih dari sekelompok mahluk yang hidup dari berbagai perilaku koruptif, manipulatif dan premanisme. Yang punya kedudukan di atas sibuk dengan berbagai hasrat korupsi dan manipulasi. Yang di bawah sibuk dengan perilaku libas-melibas. Kekuasaan adalah jalan menuju kejayaan pribadi. Dan demi kekayaan di antara kita ada yang tidak segan-segan untuk menempuh jalan hidup seperti drakula, yakni mengisap darah orang lain untuk menambah kekuatan sendiri.

Praktek “Bank Harian”
Entah tahu entah tidak, entah termonitor atau tidak oleh pemerintah dalam hal ini aparat yang ada di tingkat paling bawah, saat ini perilaku lintah darat atau rentenir di masyarakat semakin menggurita saja. Praktek yang jauh dari nilai-nilai manusiawi dan bahkan sama sekali bertentangan dengan semangat Pancasila yang menjadi dasar pijak berkehidupan dan berperilaku kita sebagai sebuah bangsa, terbiarkan begitu saja. Padahal, akibat dari merajalelanya para lintah darat jelas-jelas sangat mengganggu dan merugikan proses pembangunan peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu atau yang masih bedara di garis kemiskinan.

Salah satu contoh kasat mata dari perilaku lintah darat atau penghisapan darah warga miskin oleh mereka yang punya modal, adalah apa yang disebut masyarakat sebagai “bank harian”. Praktek rentenir terselubung ini biasa dilakukan oleh oknum-oknum pegawai koperasi, pegawai LPD atau juga pribadi-pribadi pemilik modal besar. Bahkan, oknum-oknum lintah darat dalam modus ini bisa mempekerjakan beberapa orang pegawai untuk menjalankan bisnisnya dengan sasaran mulai dari para pedagang kecil di dalam pasar umum hingga warung-warung warga di pelosok.

Praktek bank harian adalah perilaku pemberian modal kepada warga masyarakat yang punya usaha kecil-kecilan semacam warung atau lapak di pasar. Sebagian besar oknum-oknum pemodal bank harian ini adalah para pegawai koperasi yang kini banyak bermunculan, oknum pegawai LPD, dan ada juga dari kalangan PNS.

Berdasarkan penuturan beberapa warga masyarakat yang menjadi nasabah bank harian ini, mereka terpaksa mau meminjam modal usaha dari mereka karena sulit dan lamanya proses peminjaman modal usaha dari lembaga-lembaga resmi yang ada. “Saya pernah mencoba pinjam modal di sebuah koperasi. Prosesnya berbelat-belit dan lama. Tetapi oleh salah seorang pegawainya saya ditawari “program bank harian” yang katanya merupakan salah satu produk koperasi mereka. Anehnya, ketika saya mau menerima tawaran tersebut, sore harinya modal yang saya pinjam langsung keluar dan dibawakan ke rumah. Saat itu saya pinjam Rp. 500 ribu. Syaratnya cuma sebuah kwitansi. Tidak ada persyaratan lain lagi. Model cicilannya adalah harian dengan jumlah Rp. 3.500 untuk setiap Rp. 100.000. Jadi kalau pinjaman Rp. 500.000, cicilan hariannya adalah Rp. 17.500. Jangka waktu pelunasan adalah 40 hari,” demikian penuturan seorang pedagang ceraki di pasar umum Negara, Jembrana.

Seorang pemilik warung di Kecamatan Melaya juga bercerita sama persis. “Ya, memang begitu aturannya bank harian. Saya juga punya pinjaman Rp. 300.000 pada seorang agen bank harian dari Desa Tukadaya,” ujar Ibu Ketut, pemilik warung tersebut.

Ditanya mengenai keuntungan dengan meminjam modal usaha dari bank harian, semua pemilik warung yang dihubungi media ini mengaku tidak ada. “Sebenarnya tidak ada untungnya sama sekali. Malah kalau dihitung-hitung justru menggerogoti warung sendiri karena bunganya sama dengan bunga menetap sebesar 40 persen selama 40 hari, atau 10 persen perhari. Warung macam apa yang bisa mendapat untung 10 persen perhari? Tidak ada. Keuntungan warung-warung kecil yang ada di desa-desa ini paling banyak antara 3 sampai 5 persen perhari,” jelas Ibu Ketut.

Sebagian besar para pemilik warung dan pedagang pasar mengaku, bahwa mereka terpaksa meminjam uang dari pelaku bank harian bukan untuk menambah modal usaha, tetapi semata-mata karena keperluan mendadak lainnya. Warung yang mereka miliki adalah lebih sebagai jaminan atau boreh. “Saya meminjam uang di bank harian itu karena untuk keperluan sekolah anak. Tahun lalu, seorang anak saya melanjutkan ke SMP dan satunya lagi ke SMA. Saya perlu uang untuk biaya beli pakaian dan buku-buku mereka. Saya terpaksa meminjam di bank harian itu karena perlu dana cepat. Jadi warung saya inilah jaminannya. Lagi pula, bank-bank harian itu hanya mau memberi pinjaman kepada warga yang punya usaha warung,” tutur Ibu Gusti, seorang pemilik warung di Kecamatan Mendoyo.

Ibu Gusti yang suaminya seorang petani ini juga mengaku, gara-gara meminjam uang di bank harian itu warungnya sempat hampir bangkrut. “Tanpa terasa setiap hari modal warung saya digerogoti sedikit demi sedikit. Selama punya hutang di bank harian itu saya sama sekali tak mendapat keuntungan dari warung, tapi malah memakan modal yang sudah ada. Hampir saja saya bangkrut kalau tidak dibantu hasil kebun,” tandasnya.

“Makanya jangan heran, banyak sekali warung yang justru gulung tikar gara-gara meminjam uang di bank harian itu. Sementara orang-orang yang menjalankan bisnis bank harian di desa-desa itu cepat sekali kaya. Mereka seperti mafia. Dengan modal 10 juta rupiah saja, dalam dua tahun mereka sudah mampu membeli tanah, sapi dan bahkan mobil. Itu sudah banyak contohnya,” demikian seorang tokoh masyarakat berkomentar .

Siasat Para Rentenir
Lain mafia bank harian, lain pula jaringan para rentenir. Para rentenir saat ini justru tidak semuanya berasal dari oknum-oknum yang memang merupakan orang berpunya. Praktek rentenir saat ini berkembang justru dengan memanfaatkan berbagai macam dana bantuan pemerintah yang digulirkan untuk memberdayakan warga masyarakat kurang mampu.

Kurang jeli dan tidak intensnya pembinaan atau pun pendampingan pemerintah di dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat melalui berbagai bantuan dana bergulir saat ini, justru dijadikan kesempatan emas oleh oknum-oknum tertentu di pedesaan dengan menjadikannya sebagai peluang usaha rentenir. Adapun modus yang dipakai adalah dengan berpura-pura membentuk sebuah kelompok masyarakat (Pokmas) usaha kecil dan menengah (UKM), mulai dari UKM industri rumah tanggga hingga UKM peternakan. Melalui Pokmas UKM yang mereka bentuk, oknum-oknum tersebut meminjam modal usaha kepada pemerintah atau bank-bank penyelenggara bantuan kredit usaha rakyat (KUR).

Sejatinya, proses untuk mendapatkan bantuan pinjaman dana bergulir atau pun KUR, dapat dikatakan sudah cukup ketat. Misalnya, sebuah UKM harus mendapatkan rekomendasi dari kelian banjar, kepala desa serta petugas pengawas lapangan (PPL) kegiatan terkait. Monitoring dari instansi yang membidangi kegiatan Pokmas UKM pun sudah dilakukan. Sayangnya, para oknum pelaku rentenir di desa seringkali dengan mudah bisa memperdayai petugas maupun aparat.

Beberapa waktu lalu misalnya, secara tak sengaja media ini memergoki langsung rencana sebuah pokmas peternak sapi di sebuah desa yang sedang menyiapkan berbagai persyaratan untuk mengamprah KUR di BRI. Dengan blak-blakan salah seorang anggota Pokmas tersebut menuturkan, bahwa tujuan mereka untuk meminjam KUR bukan sepenuhnya untuk modal membeli sapi. “Terus terang saja, hanya beberapa orang dari kami yang benar-benar akan membeli sapi. Sebagian besar yang lainnya adalah untuk modal ‘nyalanan pipis’ (praktek meminjamkan uang dengan pola rentenir-red). Itu sudah biasa kok,” demikian warga tersebut bercerita dengan lugu. Cerita kemudian berlanjut, bahwa tidak sedikit KUR dan bantuan dana bergulir yang kini dimanfaatkan oknum-oknum rentenir untuk menjalan usaha akal-akalannya.

Seorang rentenir bahkan tanpa rasa berdosa mengungkapkan usaha ilegalnya kepada media ini. “Bagaimana lagi ya? Soalnya memang banyak warga yang memerlukan. Mereka tidak bisa mencari pinjaman di tempat lain, maka mereka meminjam pada saya. Karena saya juga kekurangan modal, maka saya cari modal lewat KUR. Kebetulan saya ikut kelompok ternak yang mendapatkan KUR dari BRI,” ujar oknum tersebut dengan santai.

Ditanya lebih lanjut, oknum tersebut mengakui dengan modal dari KUR dirinya cukup banyak mendapat keuntungan. “Lewat KUR dari BRI, bunga pinjaman kan hanya 0,5 persen. Sementara saya sudah tidak ingin membeli ternak lagi karena sudah punya beberapa ekor sapi. Daripada uangnya nganggur, maka saya pinjamkan kepada warga atau tetangga yang memerlukan. Saya tidak banyak menarik bunga. Cuma 5 persen saja. Saya tahu, ada banyak orang yang menjalankan uang dengan bunga 10 persen. Padahal dengan bunga lima persen saja untungnya sudah banyak,” tuturnya.

Memang miris sekali rasanya mendengarkan serta membayangkan perilaku lintah darat yang kini semakin menggurita saja di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Tetapi demikianlah fakta yang ada. Siapa yang patut dan berwewenang untuk memperbaiki kondisi ini?

nanoq da kansas

19 komentar:

blog zombie mengatakan...

obat tradisional jelly gamat
obat benjolan di gusi
obat benjolan di lidah
obat sering kencing
obat hepatitis pada anak
obat tipes anak
obat gondok

Unknown mengatakan...

Halo, saya Ibu. Heather Whitte, sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami sedang dan mengkhususkan diri dalam memberikan sebuah akhir pinjaman tahun, pinjaman Natal, pinjaman tahun baru bagi Anda untuk membayar setiap pinjaman coorperative bahwa Anda berada pada saat kita memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan Anda memiliki bisnis. pinjaman yang diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat yang sangat rendah 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (qualityloanfirms@asia.com)
(heatherwhiteloanltd@gmail.com). Datang dan pengalaman perbedaan dalam layanan kami.




Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Negara: Indonesia
Nama: Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Telepon:+62 877-8303-2269
WhatsApp:+62 877-8303-2269
e_mail: queenjamillah09@gmail.com
  Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak
(e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Iknatius Istiyarso Erik mengatakan...

PERUSAHAAN KREDIT METROLINA

Nama di atas adalah untuk perusahaan pinjaman Amerika yang telah mengubah suka saya menjadi lebih baik, bahkan ketika saya tidak pernah percaya saya akan pernah mendapatkan pinjaman online setelah dibebani oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu online

Saya telah memiliki banyak hutang untuk beberapa waktu sekarang karena beberapa perusahaan pinjaman palsu yang memberi saya harapan palsu dan menggunakan metode pemberi pinjaman nyata untuk mengumpulkan uang dari saya dan bahkan membuat saya meminjam uang dari teman yang saya kirim ke pinjaman palsu perusahaan di Filipina sampai saya tidak bisa lagi membayar lagi dan mereka tidak pernah memberi saya pinjaman yang membuat saya kehilangan harapan dalam hidup karena saya tidak tahu harus mulai dari mana

Saya melihat perusahaan pinjaman yang berbasis di Amerika ini pada JAWA POS News papper dan dengan foto-foto orang yang mendapatkan pinjaman dari mereka sehingga saya mengambil alamat gmail dan nomor telepon mereka
Saya menelepon perusahaan tetapi mereka tidak bisa berbahasa Indonesia jadi saya mengirim email kepada mereka dan mereka menjawab jadi saya memberi tahu saya niat saya dan mereka membawa saya melalui beberapa proses dan pertanyaan dan beberapa foto setelah set dan selesai mereka mengatakan kepada saya bahwa saya telah memenuhi syarat untuk pinjaman bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya dan yang paling mengejutkan saya ketika mereka menghubungi pada hari berikutnya bahwa mereka akan mentransfer pinjaman saya bahwa saya akan segera memberi tahu mereka setelah pinjaman tercermin dalam akun saya dan tidak sampai 4 jam saya mendapatkan waspada di ponsel saya, saya segera berlari ke bank untuk konfirmasi dan untuk kemuliaan ALLAH uang itu sebenarnya ada di akun saya jadi saya segera memberi tahu mereka bahwa saya telah mendapatkan pinjaman

Pinjaman ini membuat saya menjadi pria yang lebih baik hari ini dan anak saya dapat diberi makan dengan baik dan biaya sekolah tidak menjadi masalah

Sekali lagi saya berterima kasih kepada PERUSAHAAN KREDIT METRIOLINA yang telah mengubah hidup saya
Kontak Perusahaan

Nama :::::: Perusahaan Kredit Metrolina
Gmail :::::: metrolinacreditcompany@gmail.com

Kontak saya

Nama Saya :::::: Iknatius Istiyarso Erik
Gmail Saya :::::: iknatiusistiyarsoe@gmail.com

Hubungi perusahaan ada kesempatan untuk Anda

Allah rahmat atasmu

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Negara: Indonesia
Nama: Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Teleph☎:+62 856-9328-4991
WhatsApp:+62 856-9328-4991
https://twitter.com/queen_jamillah
e_mail: queenjamillah09@gmail.com
Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Nurliana Novi mengatakan...

Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

 Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman palsu di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu.

Saya telah menjadi korban penipuan pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasinya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda sebaiknya menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
Nomor kontak dewan direksi: +12512278012
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Mikhail Irfan Aqil mengatakan...

"wa-Alaikumussalam wa-Rahmatullah,"
                               CERITA KEHIDUPAN BENAR

Saya terkenal sebagai Mikhail Irfan Aqil seorang bapa, suami, saudara lelaki dan rakan saya dari (Putrajaya) Malaysia dan saya telah mengalami banyak tekanan kewangan dan tidak ada yang dapat meminjam wang saya untuk menyelesaikan projek perniagaan saya bermula beberapa bulan lalu . Saya telah ditipu oleh beberapa agen palsu yang mendakwa mereka dapat membekalkan saya dengan bahan mentah untuk pengeluaran

Saya menjadi fraustrasi dan jika tidak untuk isteri saya, saya akan melakukan perbuatan bunuh diri kerana kesakitan itu terlalu banyak dan semua harapan hilang yang membuat saya mula hidup dari awal lagi dan ia tidak mudah sehingga saya bertemu ONE BILION RISING FUND sebuah syarikat pinjaman

Saya memutuskan untuk memohon pinjaman selepas saya menghubungi penguji syarikat yang sebenarnya memberi saya harapan dan memberitahu saya tidak tpo takut bahawa syarikat itu akan meminjamkan wang saya selagi saya boleh memberikan mereka requiremet yang merupakan beberapa maklumat peribadi dan saya lakukan jadi selepas saya melalui semua proses yang mereka meminjamkan wang mereka kemudian memberitahu saya bahawa saya telah dijumpai layak untuk pinjaman dan diminta untuk menunggu dan kejutan saya geatest saya mendapat dikreditkan dan ini membuat hidup saya lebih baik hidup dan dan sangat berterima kasih kepada Allah, Isteri saya dan kepada ONE BILLION RISING FUND
GMAIL "" "" "onebillionrisingfund@gmail.com

                      UNTUK MENGHUBUNGI AKU
Mikhail Irfan Aqil
mikhailirfanaqil@gmail.com
IG :: Mikhail Irfan

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan Vis-a-vis: Perancangan Perniagaan, Pembangunan Komersil dan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula, Rumah Minat Berfaedah untuk individu, syarikat dan entiti undang-undang .....
hubungan cepat
What'sApp: [+44] 7480 729811
☎ .............: [+44] 7480 729811
e_mail .. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


Ditandatangani:
Pengurusan.
Salam.
Status: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
© Copyright The Iskandar Lenders Group 2019

ALL GLOBAL GRANT LOAN mengatakan...

KABAR BAIK,
SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tunjangan tingkat rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

Di sini, di SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, akan membuat yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan @ gmail.com


HUBUNGI KAMI .....
+ 1(412)8513844
allglobalgrantloan@gmail.com

NURUL YUDIANTO mengatakan...

Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

NURUL YUDIANTO mengatakan...

Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

Theresia Widiyasari mengatakan...

KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur